Jumat, 09 Mei 2014

Sejarah berdirinya PSHT Rayon Grogol-Kediri





BAB. 1
Pendahuluan



Pada awal berdirinya sekretariat Ranting Banyakan, Unit-Unit latihan pencak silat PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE yang berada dibawah naungan Ranting hanya berjumlah sekitar tiga unit saja, yaitu Unit Balai Desa Maron-Banyakan dan Unit Balai Desa Manyaran-banyakan. Tentu saja hal ini menyulitkan para siswa dan warga PSHT untuk bisa aktif di dalam organisasi dikarenakan jarak tempat tinggal masing-masing yang berjauhan dari unit latihan. Dengan pertimbangan inilah maka Ketua Ranting Banyakan yakni Mas Seger Sayekti memberi amanat kepada Mas Fakih dan Mas Jatmiko yang pada saat itu menjabat sebagai Pengurus Ranting Banyakan bidang kesejahteraan dan kelengkapan untuk membuka unit baru yang berlokasi di tempat yang strategis, dalam arti unit baru tersebut dekat dengan tempat tinggal para siswa dan warga di unit-unit lama. Dan selanjutnya kedepannya nanti para siswa dan warga yang masih latihan pencak silat di unit lama bisa pindah ke unit baru agar bisa lebih fokus latihan tanpa harus memikirkan jauhnya jarak tempat tinggal masing-masing.

Pada tanggal 3 Maret 2007 diadakan musyawarah Ranting untuk menentukan tempat yang akan dibuka unit latihan baru, pada hari ini juga kebetulan sedang dilaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Ranting yang bertempat di Unit Latihan Balai Desa Manyaran. Setelah melalui perundingan yang berlangsung hampir semalam ini diputuskan SMPN 1 GROGOL-KEDIRI sebagai tempat latihan baru dibawah naungan Ranting Banyakan, dengan Mas Fakih dan Mas Jatmiko sebagai pelatih tetap.

Dengan diputuskannya SMPN 1 GROGOL sebagai unit baru yang akan dibuka, maka segala kelengkapan perizinan langsung diurus untuk meminta perizinan pihak sekolah untuk membuka hari latihan. SMPN1 GROGOL pada waktu masih dipimpin oleh Mas Gondo (warga tingkat II dari Cabang Nganjuk) memberi penghargaan khusus kepada Mas Fakih dan Mas Jatmiko untuk menjadikan latihan pencak silat Persaudaraan Setia Hati TERATE sebagai kegiatan EKSTRAKURIKULER wajib bagi siswa-siswi yang masih duduk dikelas 1.


BAB. II
LATIHAN DAN PENGESAHAN PERDANA

Setelah segala perizinan sudah final dan disetujui, maka pada hari Sabtu, 24 Maret 2007 latihan perdana dilaksanakan, dan dengan dibukanya unit baru resmi pada tanggal 24 Maret maka pada hari itu diperingati sebagai Hari Berdirinya UNIT/RAYON GROGOL dibawah Ketua Rayon yang sekaligus pelatih tetap Mas Fakih (sekarang sudah menjadi Ketua Dewan Pembina PSHT seluruh unit yang ada di Kecamatan Grogol).

Setelah melewati masa-masa yang penuh liku-liku dan sangat panjang, Alhamdulillah pada tahun 2010 Rayon Grogol berhasil mengesahkan warganya yang pertama kali yakni:

  1. Astutik
  2. Galuh Anggita
  3. Heni Ariyanti
  4. Iin Mahdina Putri
  5. Nur Andariyani
dan pada waktu angkatan pertama siswa PSHT Grogol masih menyandang tingkat hijau, ada satu siswa yang kebetulan melanjutkan pendidikan formal di kota Jember. Maka dari itu pengurus akhirnya membuat surat pernyataan bahwa yang bersangkutan adalah benar siswa PSHT Grogol dan berharap bisa melanjutkan latihan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, akhirnya di tahun yang sama siswa tersebut berhasil disahkan menjadi warga. Dia adalah Kiki Sumiarsih, yang sekarang aktif di kepengurusan PSHT Jember.

2011, adalah tahun kedua PSHT Grogol berhasil mengantarkan siswa siwinya untuk menjalani wisuda pengesahan yang diselenggaran oleh PSHT Cabang Kediri. Dengan jalan mantab yang penuh semangat rayon mengantarkan beberapa siswa siswi terbaiknya untuk menjalani wisuda pengesahan, mereka adalah:

1. Niko Sukma Hanggara
2. Barep Danang Erwanto
3. Septian Prasditya
4. Nita Nurmala (karena berhalangan maka ikut pengesahan di cabang Tulungagung)

Selanjutnya pada tahun 2012 mengesahkan:

1. Agung
2. Suryanto
3. Irsam
4. Moh. Dawamul Falah

tahun 2013 mengesahkan:

1. Ali Wafa
2. Ampro
3. Alvin

dan tahun 2014 sedang mempersiapkan beberapa kandidat siswa siswi yang telah menempuh tingkatan tertinggi siswa PSHT untuk selanjutnya akan diantar untuk menjalani wisuda kelulusan/pengesahan di padepokan PSHT Cabang Kediri.

3 komentar:

Poskan Komentar

 
Skretariat: Dsn. Ringin Rejo -Grogol -kediri | Ketua Dewan Rayon: Mas Agus Hasanudin Fakih | Contact Person | email: pshtgrogol@gmail.com